Kamis, 18 Maret 2010

LOMBA NASIONAL INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH TAHUN 2009

LOMBA NASIONAL
INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PADA SEKOLAH TAHUN 2009
UNTUK SEKOLAH DASAR (SD)
Latar Belakang
Sesuai dengan misi Pendidikan Agama Islam yang ingin dicapai Guru Pendidikan
Agama Islam(GPAI) tidak saja dituntut dapat mengembangkan potensi yang dimiliki
peserta didik agar dapat menghayati ajaran agama Islam, tetapi juga menanamkan nilainilai
luhur ajaran agama Isalm dan pembentukan akhlak mulai peserta didik melalui
berbagai model pembelajaran yang dikembangkan, contoh keteladaanan yang
ditampilkan guru, serta melalui aktifitas pembiasaan.
Akan tetapi, tidak semua GPAI dapat menjalankan peran dan fungsi tersebut
secara baik. Hal ini dikarenakan, anatara lain masih lemahnya penguasaan dan
keterampilan professional GPAI dalam proses belajar mengajar (PBM). Penguasaan dan
ketrampilan PBM ini sepatutnya dimiliki GPAI, agar proses pembelajaran dapat
berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta
didik untuk berpartisipasi aktif, serta tumbuhnya prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian
sesuai dengan potensi dan psikologis peserta didik.
Berkaitan dengan itu perlu diupayakan agar GPAI dapat menjalankan tugas
mengajarnya secara baik, terutama pada peningkatan kemampuan dan pengayaan
ketrampilan dalam menjalankan proses pembelajaran kepada peserta didik. GPAI perlu
didorong dan dirangsang kreatifitasnya untuk senantiasa melakukan pengembangan
kemapuan dan ketrampilan dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Juga terhadap GPAI yang memiliki kreatifitas dalam pengembangan
pembelajaran perlu diberi wadah dan kesempatan agar dapat menuangkan buah
pemikiranya tersebut, sehingga pengembangan pembelajaran yang dilakukannya dapat
diketahui dan diadoppsi oleh GPAI lainnya. Wadah tersebut dapat berupa Lomba
kreatifitas Pembelajaran.
Berdasarkan pemikiran tersebut diatas, PUSLITBANG Pendidikan Agama dan
Keagamaan pada Tahun 2009 kembali menyelenggarakan Lomba Tingkat Nasional
Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah, yang terbuka untuk semua
GPAI yang mengajar di Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Swasta
Pengertian
Inovasi Pembelajaran PAI yang dimaksudkan dalam lomba ini adalah bentuk atau
model pembelajaran PAI yang berbeda dari cara pembelajaran PAI yang biasa dilakukan
yang merupakan hasil pengembangan sendiri atau bersama GPAI lainnya yang memiliki
kebermanfaatan, ketersesuaian dengan materi pokok bahasan/Sub Pokok Bahasan, mudah
diaplikasikan, teruji dan lebih efisien.
Tujuan
1. Mendorong kreatifitas GPAI di SD untuk mengembangkan berbagai inovasi
pembelajaran
2. Memacu GPAI di SD untuk senantiasa meningkatkan mutu pembelajaran
3. Memperoleh berbagai inovasi pembelajaran PAI yang bermutu
Target Yang Ingin Dicapai
1. Terjaringnya berbagai naskah Inovasi Pembelajaran PAI di SD yang Bermutu
2. Terpilihnya 6 (enam) naskah terbaik inovasi pembelajaran PAI di SD
Tema
“Optimalisasi Pencapaian Tujuan Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah untuk
Membentuk Peserta Didik Menjadi Manusia yang Bermoral dan Berakhlak Mulai dengan
Menerapkan Berbagai Inovasi Pembelajaran yang Efektif dan Efisien serta Relevan”
Kriteria Peserta
1. Guru pendidikan agama Islam pada SD (Negeri dan Swasta) diseluruh Indonesia
2. Pengalaman mengajar PAI di SD minimal 2 (dua) tahun.
3. Diusulkan/mendapat persetujuan dari kepala Sekolah yang bersangkutan
4. Belum pernah menjadi pemenang pada lomba yang sejenis
Kriteria Naskah
1. Naskah Inovasi Pembelajaran PAI merupakan naskah asli hasil pengembangan
sendiri ataupun bersama dengan GPAI lainnya.
2. Naskah Inovasi Pembelajaran PAI merupakan naskah yang sudah pernah ataupun
sedang diterapkan GPAI di sekolahnya
3. Naskah Inovasi Pembelajaran PAI belum pernah diikutsertakan pada lomba yang
sejenis dan belum pernah dipublikasikan di media massa
4. Naskah Inovasi Pembelajaran PAI mendapatkan pengesahan/persetujuan dari
kepala sekolah yang bersangkutan
5. Isi naskah ditulis minimal 10 halaman diketik diatas kertas kuarto dengan jarak
baris 1,5 spasi, huruf Times New Roman, ukuran font 12.
6. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
7. Menyertakan idnetitas/bukti diri lengkap (nama, alamat lengkap, fotocopy KTP,
nomor telepon yang mudah dihubungi, lembar pengesahan/persetujuan dari
kepala sekolah yang bersangkutan, dan judul naskah)
Kerangka Naskah
1. Pokok bahasan/Sub Pokok Bahasan
2. Nama/Judul Inovasi Pembelajran
3. Waktu Pelaksanaan Inovasi Pembelajaran
4. Uraian singkat tentang novasi pembelajaran, yang memuat:
a. Latar Belakang dan Masalah dilaksanakan inovasai pembelajaran
b. Tujuan Inovasi Pembelajaran
c. Gagasan atau konsep inovasi pembelajaran
d. Pelaksanaan Inovasi Pembelajaran
e. Hasil Inovasi Pembelajaran (termasuk tanggapan/pendapat peserta didik terhadap
inovasi pembelajaran)
f. Masalah yang dihadapi dan upaya penanggulangannya
g. Menyertakan data pendukung, antaran lain:
1. Gambar/foto, alat peraga yang dibuat khusus untuk inovasi pembelajaran
2. Hasil belajar PAI peserta didik
3. Lain-lain informasi yang dianggap perlu
Pengiriman Naskah
1. Naskah diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 6 Juli 2009 (cap pos)
2. Naskah dikirimkan dalam bentuk asli (bukan foto copy) sebanyak 3 (tiga)
eksemplar yagn disertakan dengan softcopynya (berupa CD atau flashdisk)
kepada Panitia Lomba Nasional Inovasi Pembelajaran PAI di sekolah Tahun
2009, dengan alamat: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Badan
Litbang dan Diklat Keagamaan, Gedung Bayt Al-Qur’an Musium Istiqlal Lantai
III, Komplek Taman Mini Indonesia Indah, Telp. (021) 87797930, Fax (021)
87797930 Jakarta 13560
3. Naskah yang dikirimkan tidak dikembalikan/menjadi milik panitia
Tim Penilai Naskah
1. Tim penilai naskah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Puslitbang
Pendidikan Agama dan Keagamaan selaku Pejabat Pembuat Komitmen Tahun
2009
2. Tim Penilai Naskah terdiri dari:
a. Ketua
b. Sekretaris
c. Anggota
3. Ketua Tim Penilai bertanggung jawab terhadap hasil penilaian naskah
4. Anggota Tim Penilali memiliki kompetensi dalam bidang pendidikan, khususnya
metodologi pembelajaran
5. Keputusan Tim Penilai Naskah tidak dapat diganggu gugat, kecuali bila
dikemudian hari diketahui naskah yang terpillih menjadi pemenang ternyata
bukan hasil sendiri/karya orang lain
Kriteria Penilaian Umum
1. Ada inovasi pembelajaran
2. Inovasi pembelajaran tersebut telah atau sedang dilaksanakan
3. Inovasi pembelajaran tersebut teruji keberhasilan dalam pembelajaran, dan
ditunjukkan dengan antara lain:
a. Peserta didik lebih mudah memahami materi pembelajaran
b. Peserta didik merasa labih senang dan bergairah dalam mempelajari materi
pembelajaran
c. Nilai hasil belajar semakin baik atau meningkat
4. Pemillihan metode pembelajaran yang tepat
5. Proses pembelajaran senantiasa mempergunakan alat bantu/peraga yang
dibuat/dirakit sendiri oleh GPAI peserta Lomba Inovasi pembelajaran
6. Alat peraga dibuat dari bahan-bahan yang murah dan mudah diperoleh
7. Inovasi pembelajaran belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis,
dibuktikan dengan surat pernyataan.
8. Mempergunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
9. Uraian singkat dan mudah dipahami
10. Mendapat persetujuan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan
Kriteria Penilaian Presentasi
1. Keruntutan Presentasi
2. Penguasaan materi inovasi pembelajaran
3. Ketersediaan data keberhasilan inovasi pembelajaran
4. Pemanfaatan alat bantu atau alat peraga pembelajaran
5. Keterterapan pada sekolah atau guru lain
6. Ketepatan penggunaan Bahasa Indonesia
Penetapan Pemenang
1. Pemenang ditetapkan melalui sidang penetapan pemenang setelah dilakukan
penilaian presentasi calon pemenang yang dihadiri minimal setengah labih satu
dari jumlah tim penilai naskah (quorum)
2. Jumlah pemenang sebanyak (enam) naskah yaitu pemenang juara I, juara II, juara
III, pemenang harapan 1s/d III
Pengumuman Pemenang
1. Nominator calon pemenang lomba Inovasi Pembelajaran PAI di sekolah ini akan
diumumkan pada tanggal 6 Agustus 2009 melalui harian umum Republika
2. Nominator Calon Pemenang akan dihubungi panitia lomba melalui telepon dan
surat untuk menghadiri presentasi dan upacara penyerahan hadiah pemenang
3. Panitia akan menyediakan akomodasi dan konsumsi serta pengganti biaya
transportasi Pulang Pergi (untuk Pulau Jawa menggunakan KA/BUS dan luar
Pulau Jawa menggunakan Pesawat Terbang)
4. Bagi nominator calon pemenang untuk presentasi dan penyerahan hadiah.
Penghargaan Pemenang
Penghargaan lomba inovasi pembelajarna PAI di sekolah (SD) tahun 2009 ini akan
diberikan hadiah berupa piagam/sertifikat penghargaan dan uang tunai yang masingmasing
besarnya sebagai berikut:
1. Juara I menerima uang sebesar 15 juta
2. Juara II menerima uang sebesar 12,5 juta
3. Juara III menerima uang sebesar 10 juta
4. Harapan I menerima uang sebesar 7,5 juta
5. Harapan II menerima uang sebesar 6 juta
6. Harapan III menerima uang sebesar 4 juta
Pajak hadiah uang ditanggung pemenang
Hak Cipta dan Terbit
1. Hak Cipta
Sesuai dengan UU Hak Cipta, hak cipta naskah tetap berada di tangan penulis naskah
2. Hak Terbit
Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama berhak menerbitkan dalan jumlah terbatas
naskah pemenang ataupun naskah yang masuk nominasi calon pemenang dalam jangka
waktu 1 (satu) tahun sejak pengumuman pemenang untuk disebarluaskan pada sejumlah
SD.
FZHUMAS/MAPENDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar