Jumat, 02 April 2010

kiblat

Arah Kiblat vs Kaum Sufahaa

Kiblat: Fiqh dan Falak
Kiblat: Fiqh dan Falak
Menganggap remeh Arah Kiblat adalah tidak konsisten dengan pesan yang disampaikan Al-Qur’an. Rasululloh Muhammad SAW harus menunggu sekitar 16 bulan untuk mendapat jawaban atas permohonannya soal pemindahan Arah Kiblat dari Alloh SWT. Satu tahun lebih bukan waktu yang sebentar, lebih2 yang meminta kekasih-Nya sendiri. Namun, di era akhir zaman ini, banyak orang meremehkan soal Arah Kiblat,…
Baca selebihnya »

UN 2010: Insya Alloh Lulus

UN is Ujian
UN 2010
UN adalah Ujian Nasional dan bukan United Nation. Hari ini, Senin 22 Maret 2010 Ujian Nasional SLTA resmi dimulai di seluruh Indonesia. Dua huruf memang, namun mempunyai makna yang jauh lebih dari sekedar 2 huruf. Baik guru maupun siswa, baik yang sekolah di perkotaan maupun di pedesaan, baik yang sekolah negeri maupun swasta, seluruhnya berfikir serius untuk lolos dari ‘badai’ yang bernama UN ini.
Baca selebihnya »

MUI bicara Kiblat

Kiblat itu ke sini
Kiblat itu ke sini
Ayat pertama kali turun di dalam Al-Qur’an adalah “Bacalah”, dan bukan “Sholatlah”. Ini berarti kita harus berilmu dahulu sebelum beribadah. Kita harus mengetahui terlebih dahulu sebelum berbuat. Kata orang Jawa, jangan “Jarkoni”, sukanya mengajarkan tetapi tidak pernah nglakoni / mempraktekkan.
Baca selebihnya »

Sosialisasi Arah Kiblat di Kemenag Surakarta

Sosialisasi Kiblat
Sosialisasi Kiblat
Mendukung Program Pemerintah (Kementerian Agama) dalam rangka Sosilalisasi Arah Kiblat secara Nasional, maka Kemenag kota Surakarta pada Rabu, 17 Maret 2010 menyelenggarakan agenda bagi Takmir Masjid se-Surakarta. Acara dibuka Kepala Kemenag kota Surakarta, H. Fachruddin, S.Ag., MM.
Baca selebihnya »

Arah Kiblat – Syar’i dan Sains

Kiblat:Syar'i-Sains
Kiblat: Syar'i-Sains
Inilah tema yang diangkat dalam Kajian Rutin Tarjih PDM Sukoharjo. Acara berlangsung Ahad, 14 Maret 2010 pagi hingga siang, bertempat di SMK Muhammadiyah Kartasura. Target membahas Arah Kiblat dan sekaligus simulasi agar mudah dipahami bagi segenap warga Muhammadiyah di Sukoharjo.
Baca selebihnya »

Sosialisasi Fajar Shadiq di Ketitang

Sosialisasi Fajar
Sosialisasi Fajar
Setelah tertunda 1 bulan, akhirnya rencana untuk mengkaji perihal fajar shadiq bagi ummat Islam yg tergabung dalam keluarga besar Yayasan Baitul Maal”Amanah” Klaten, terlaksana pada Ahad, 14 Maret 2010. Acara berlangsung di kantor pusat YMB “Amanah” selepas sholat Isyaa; diikuti semua elemen ummat Islam di Ketitang-Juwiring.
Baca selebihnya »

Sosialisasi Fajar Shadiq di Mino

Sosialisasi Shubuh
Sosialisasi Shubuh
Mengapa sosialisasi ke sana…? Moment ini sekaligus untuk ajang reuni setelah 3 tahun saya pindah dari rumah kontrakan di Mino ke PMI (Pondok Mertua Indah) di Bendo Ketitang Juwiring Klaten. Kebetulan takmir masjid se Mino sudah melakukan bahtsul masa’il, namun belum final, dan LP2A (Lembaga Pendidikan dan Pengamalan Agama Islam) desa Minomartani Ngaglik Sleman bermaksud menuntaskan lewat acara tunggal: Tela’ah dan Dialog seputar Jadwal waktu Shubuh.
Baca selebihnya »

Waktu Dhuhur, terlalu cepatkah?

Waktu Dhuhur = Tepat
Waktu Dhuhur = Tepat
Minimal tiga kali saya ditanya seputar waktu dhuhur, baik sms maupun telepon. Bahkan di Majalah Ar-Risalah edisi Desember 2009 pernah muncul pertanyaan tentang waktu dhuhur. “Waktu Dhuhur yang selama ini kita pakai terlalu cepat, jadi belum masuk waktu….” katanya.
Baca selebihnya »

Download Kumpulan Soal – Pembahasan Fisika SMPB

Soal - Jwb SPMB
Soal - Jwb SPMB
Mumpung namanya masih SPMB; sebab di zaman saya, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri itu disebut UMPTN. Soalnya pilihan ganda semua. Kalau menjawab benar skor x 4, tetapi kalau salah maka skor -1. Mending dikosongi, skornya 0. Jawaban dikoreksi oleh mesin, manusia tinggal nunggu hasilnya. Jadilah kita Mahasiswa Baru atas seleksi sang komputer, mungkin karena jurusan apapun di zaman sekarang ternyata berkaitan dgn komputer. Biar efisien mestinya….
Baca selebihnya »

Mengajar dengan Peta Konsep

Peta Konsep
Peta Konsep
Meski sejak 2006 saya sudah menerapkannya, tapi senang juga dapat undangan untuk ikut Seminar dan Workshop tentang Metode KBM MIPA dan TIK. Lebih2 yang memberikan materi guru besar UNS, wouw…pasti seru.
Nah, selengkapnya…semua acara inti bisa saya ikuti; dan inti dari inti yang saya dapat adalah metode JigSaw. Eh…ada lagi yg inti yakni Peta Konsep. Padahal, ya tadi; sebenarnya sudah lama sih memakainya, tapi baru tahu kalau di seminar juga masih mbahas ini. Majulah Para Guru….!
Baca selebihnya »

Kiamat 2012 = No, Sholat = Yes

Kiamat 2012=No
Kiamat 2012=No
Kiamat 2012, ternyata masih menjadi topik yang hangat dibicarakan orang. Sejak dari kalangan akademisi, sekolah, takmir masjid, guru, karyawan, bahkan orang awam di kampung2 juga ikut komentar seputar kiamat 2012. Kiamat 2012 ternyata sebuah sebutan, nama bagi sebuah judul perbincangan yang membuat hangat suasana. Sebab bisa dibawa ke tingkatan manapun, ilmiah dan juga guyonan. Sejauh mana misteri “dua kata” ini mencapai titik kebenaran…?
Baca selebihnya »

Cek Assalaam, sebuah kenangan

Cek Assalaam itu...
Cek Assalaam itu...
Setiap santri yang pernah mengenyam pendidikan di Ma’had Assalaam Surakarta di sekitar 1985 – 1993 pasti mengingat makhluk tipis ini, sebuah alat tukar pengganti mata uang yang sudah resmi berlaku di Indonesia. Cek Assalaam atau dalam bahasa arab disebut Shokkun Assalaam (=صك السلام).
Baca selebihnya »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar